Sambut Tahun Ajaran Baru Dengan MPLS

Senin (10/07/2023), seluruh siswa telah memasuki tahun ajaran baru setelah libur sekitar 2 pekan. Tak terkecuali SD Muhammadiyah Kleco Yogyakarta yang juga melaksanakan hari pertama sekolah pada hari Senin. Sekolah mengadakan kegiatan MPLS untuk mengawali tahun ajaran baru ini. MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dilakukan untuk siswa baru kelas 1 dan siswa yang naik kelas. Hal ini bertujuan untuk membiasakan siswa dengan lingkungan dan suasana kelas yang baru. Dalam agenda MPLS, diisi dengan berbagai kegiatan.

MPLS adalah kegiatan seputar pengenalan sarana dan prasarana sekolah, program sekolah, konsep pengenalan diri, pembinaan awal kultur sekolah, dan pengenalan cara belajar. Kegiatan MPLS ini ditargetkan untuk siswa baru yang masuk kelas 1.Tidak hanya berkenalan dengan beragam fasilitas yang ada di sekolah, MPLS juga mengenalkan siswa kepada kakak kelas, guru, ataupun tenaga kependidikan lainnya. Dalam MPLS juga diajarkan mengenai kegiatan rutin sekolah, norma yang berlaku, budaya yang ada, serta sistem dan tata tertib yang wajib dipatuhi.

 

Gambar 1. Pembukaan MPLS di Unit 2

Gambar 1. Pembukaan MPLS di Unit 2

Untuk memulai kegiatan MPLS, seluruh siswa mengikuti kegiatan apel pagi bersama guru dan karyawan SD Muhammadiyah Kleco. Kegiatan apel dilaksanakan di Unit 1 dan Unit 2. Pembina apel di Unit 1 adalah Ibu Hindun Yafa Chotijah,M.Pd. didampingi Ibu Siti Nurjanah Hartati,S.Pd.,  sedangkan Bapak Sandi Syapriyuda, S.IP., S.Pd., M.Pd. selaku pembina apel di Unit 2. Pembina apel menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh siswa, khususnya siswa kelas 1. Selain menyambut siswa baru, sekolah juga mengundang orangtua dalam kegiatan serah terima siwa baru. Kegiatan MPLS untuk siswa kelas 1 dilaksanakan selama 10 hari, sedangkan untuk kelas 2 sampai kelas 6 dilaksanakan selama 3 hari.

Dalam kegiatan MPLS terdapat berbagai rangkain kegiatan. Salah satunya adalah pengenalan diri di dalam kelas dan pengenalan lingkungan sekolah. Saat pengenalan lingkungan sekolah, siswa diajak berkeliling ke setiap gedung sekolah agar siswa baru bisa melihat langsung situasi sekolah tempatnya belajar. Para siswa baru tidak hanya sebatas melihat gedung tempat mereka akan belajar, siswa baru juga berkenalan dengan warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, hingga penjaga sekolah. Sekolah juga mensosialisasikan kepada siswa tata tertib dan aturan disekolah, hal ini bertujuan agar siswa mengerti batasan terkait aktivitas yang diperbolehkan maupun dilarang.

 

Gambar 2. Siswa Mengenal Lingkungan Sekolah

Dilanjutkan dengan  Pendidikan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berupa kegiatan Gerakan Pungut dan Pilah Sampah. Gerakan Pungut dan Pilah Sampah ini merupakan aksi yang memberikan keteladanan, motivasi kepada orang lain,untuk menciptakan lingkungan yang bebas sampah dan manajemen praktik dalam pemilahan sampah organik dan  non organik.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membiasakan siswa, menanamkan kebiasaan baik untuk membuang sampah pada tempatnya, terlaksananya pengelolaan sampah yang baik, menciptakan lingkungan yang besih, meningkatkan sikap gotong royong sesama warga sekolah, menumbuhkan kesadaran warga sekolah untuk mejaga lingkungan sekolah, supaya tercipta lingkungan yang bebas sampah, terlaksananya kegiatan pembelajaran yang nyaman, dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat.

Rangkaian kegiatan berikutnya adalah Pembiasaan Senin Disiplin, melalui Upacara Bendera. Upacara bendera hari Senin mempunyai manfaat yang sangat baik sebagai upaya menumbuhkan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai – nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai – nilai tersebut terkandung dalam setiap urutan kegiatan upacara bendera, diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama, kekompakan, kekuatan fisik dan mental serta patriotisme. Dengan mengikuti upacara bendera setiap hari Senin diharapkan siswa mampu meningkatkan rasa nasionalisme sehingga bisa lebih mencintai bangsa dan negara Indonesia

 

Gambar 3.  Upacara di Unit 1

Selain itu, dalam rangkaian MPLS kali ini terdapat kegiatan pentas ekstrakurikuler yang ada di SD Muhammadiyah  Kleco sebagai bagian dari apresiasi prestasi siswa dan pengenalan kegiatan ekstrakurikuler kepada siswa baru. Belajar dan bermain merupakan aktifitas yang menyenangkan dan bermakna bagi semua anak, terlebih pada anak usia sekolah dasar. Kegiatan belajar yang bermakna tentu akan membawa kearah perkembangan yang positif. Anak sekolah dasar merupakan sosok yang memiliki daya ingin tahu luar biasa, merekalah wadah wadah yang tak pernah terisi penuh oleh pembaruan informasi dan kreatifitas. Selain perkembangan pengetahuan yang begitu pesat, perkembangan kreatifitas anak juga cepat berkembang. Anak sangat senang dan mampu menciptakan sebuah produk ataupun karya seni. Di SD Muhammadiyah Kleco  bakat dan kreatifitas anak diasah  dan dikembangkan melalui ekstrakurikuler sekolah, melalui ekstra ini lah siswa diberi keleluasaan dalam mengembangkan ekspresi kreatif dan potensi seni yang dimilikinya, serta dibina keterampilan dan kemampuan anak berinteraksi dengan lingkungan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat budaya berprestasi bagi siswa SD Muhammadiyah Kleco. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat siswa baru untuk ikut aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sesuai keinginan masing-masing siswa.

Gambar 4. Apresiasi Ekstrakurikuler

Di hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Market Day yang diikuti oleh siswa kelas 4,5, dan 6. Baik siswa maupun guru mengambil bagian dalam kegiatan ini dengan membeli barang jualan siswa. Kegiatan ini berlangsung sangat meriah dan lancar.

Gambar 5. Market Day

Kegiatan berikutnya adalah Jalan Sehat Bersama. Seluruh warga SD Muhammadiyah Kleco melaksanakan jalan sehat dalam rangka memperingati tahun baru Islam (1 Muharram 1445 H). memperkenalkan lingkungan sekitar kepada pesera didik baru. Kegiatan tersebut dimulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00 dengan start SD Muhammadiyah Kleco dan finish Gedung PWM Gedong Kuning Yogyakarta. Siswa  dan guru melewati pesawahan, sekolah – sekolah, dan perkampungan. Dalam mengikuti kegiatan tersebut, nampak seluruh siswa bergembira dan sangat bersemangat. 

Jalan sehat kali ini untuk mempererat rasa kebersamaan murid SD Muhammadiyah Kleco dengan berkumpul dan berkegiatan bersama. Selain dapat bersilaturahmi dengan masyarakat serta menikmati pemandangan alam disekitar, para siswa juga belajar mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan maka kita menjadi bagian dari upaya menjaga lingkungan. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk membuat badan sehat juga  dapat bersilaturahmi dengan warga sekitar dan menikmat alam.

Gambar 6. Jalan Sehat Bersama

Kegiatan selanjutnya  adalah kegiatan motivasi belajar dengan tema “ Dahulukan Adab baru Ilmu “. Kegiatan ini diperuntukkan untuk seluruh siswa. Pelaksanakan kegiatan  secara paralel bergantian dengan tiap jenjang kelas. Sekolah mengundang narasumber dari luar untuk menyampaikan materi terkait motivasi dalam bentuk dongeng. Harapannya adalah dapat mengembalikan semangat belajar siswa setelah beberapa saat libur sekolah.

Gambar 7. Motivasi Belajar Siswa

Setelah serangkaian kegiatan MPLS selama 10 hari selesai, maka penutupan dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2023. Kegiatan MPLS resmi ditutup oleh kepala sekolah SD Muhammadiyah Kleco,Ibu Hindun Yafa Chotijah, M.Pd.

Kegiatan MPLS, dikemas dengan menyenangkan untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Selain untuk meningkatkan semangat belajar, kegiatan MPLS juga bertujuan untuk membiasakan siswa dalam masa peralihan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan gambaran menyenangkan mengenai lingkungan sekolah yang baru.

Yogyakarta , 25 Juli 2023

PUBDEKDOK MPLS

SD Muhammadiyah Kleco Yogyakarta

                                 

Bagikan konten ini :

0 Komentar

Tinggalkan Komentar Anda Dibawah Ini


Kontak Kami

SD Muhammadiyah Kleco Kotagede
(0274) 412662
(0274) 4340628
SD Muhammadiyah Kleco

“Terwujudnya pemelajar yang berkarakter Islami, unggul dalam prestasi, mandiri, berkemajuan, sadar budaya dan lingkungan”